Ad 468 X 60

Monday, July 30, 2012

Widgets

Plastik Tak Asyik


MANUSIA MERUSAK BUMI…!!!

BERCERMINLAH…!!! Kita adalah salah satu dari mereka. Disaat saya menyelesaikan tulisan ini, 4 EKOR HEWAN LAUT akan MATI dan KITA TELAH MENGGUNAKAN 4 JUTA BARANG PENYEBAB KEMATIAN tersebut.

KANTONG PLASTIK…!!! Semua dimulai dengan satu kantong plastik. Kantong yang MUDAH, PRAKTIS dan GRATIS. Kita mendapatkan kantong plastik setiap berbelanja dan hanya memanfaatkannya untuk satu hari saja bahkan kurang, kemudian kita membuangnya begitu saja di tempat sampah atau lebih buruk lagi dengan meninggalkannya begitu saja. Sering pula kita menyimpannya didalam kantong plastik lain yang penuh dengan kantong plastik lainnya dan memasukkannya ke dalam laci yang berisi kantong plastik serupa, lalu berkata kepada diri sendiri kalau akan menggunakannya kembali lain waktu, namun tak pernah terlaksana. Terdengar familiar…??? Tentu saja, sampai kita tak tau lagi dimana meletakkannya, kemudian memutuskan untuk membuangnya. TIDAK TERLIHAT dan TIDAK LAGI MENJADI BEBAN PIKIRAN.

Tidak sesederhana itu. Disaat kantong plastik tidak berakhir dengan memenuhi lemari kita, sebagian besar plastik berakhir di tempat pembuangan seperti yang sering kita lihat disekitar kita.atau plastik tersebut berserakan dimana-mana bersama sampah lainnya

Karena plastik sangat ringan dan gratis, tak ada yang peduli. Mereka terbawa angin, terseret air, ditendang atau dihempas orang, hingga kemudian berakhir di pantai, sungai, saluran pembuangan, tersangkut di pohon dan berdiam disana untuk waktu yang sangat-sangat lama.

Dari sanalah masalah dimulai…!!!
500 MILIAR kantong plastik digunakan setiap tahun di seluruh dunia, yang akan terus ada bersama kita selama 1000 TAHUN. Jadi SATU-SATUNYA WARISAN yang akan TETAP BERTAHAN selama lebih dari 7 turunan adalah kantong plastik. Indonesia menggunakan sekitar 100 MILIAR kantong plastik setiap tahun, yang mengakibatkan KEMATIAN lebih dari 100.000 HEWAN LAUT setiap tahun. Dengan kata lain, pada saat kata ini selesai diucapkan, SATU dari hewan laut itu baru saja MATI.

Jadi, mengapa kita tetap menggunakan barang yang terbuat dari sumber daya yang memerluk\kan 70 JUTA TAHUN untuk dibuang. Ya… plastik terbuat dari POLIETILEN yang bahan bakunya adalah minyak bumi yang BERBAHAYA bagi LINGKUNGAN, dan kemudian kita menggunakannya dalam hitungan menit, hanya untuk dibuang dan membiarkannya selama 1000 TAHUN, karena kita telah menjadikannya sebagai KEBIASAAN dan sulit untuk dihilangkan, namun TIDAK MUSTAHIL, semua tergantung pada diri kita masing-masing.

AYO KITA MULAI DARI SEKARANG….
MARI BERAKSI, BERKAMPANYE, IKUT SERTA DALAM MISI dan MELAKUKAN PERAN KITA UNTUK MENYELAMATKAN BUMI KITA SATU-SATUNYA INI.

Oh ya…, jika ada yang merasa kehilangan kantong plastik setahu yang lalu, jangan khawatir. Masih ada 999 TAHUN lagi untuk menemukannya……, hehehe

AJARKAN UNTUK MENGHINDARI ATAU MENGURANGI PEMAKAIAN KANTONG PLASTIK SEDARI KECIL……….
DAUR ULANG KANTONG PLASTIK DENGAN BERBAGAI CARA KREATIFMU………..

Sumber:
yahoo.co.id/berita/sahabatbumi

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Penulis: Ahsan AG
What ever comes on our way, what ever bad we have rage inside this, we always have a choice. We choose to be the best of ourselves. The choice that makes who we are and we can always choose to do what the right. Read More →

0 comments: